Searching...
Jumat, 20 Februari 2015

Pencak Silat, Budaya Milik Bangsa!

Teknik Jatuhan, salah satu gerakan inti pencak silat
Pencak Silat, Budaya Milik Bangsa!

Saya bangga sebagai Warga Negara Indonesia karena negara ini memiliki banyak kebudayaan yang kaya dan sangat inspiratif. Salah satunya adalah kebudayaan teknik bela diri Pencak Silat yang menjadi teknik beladiri khas Indonesia.


Tidak menutup kemungkinan Pencak Silat ini bisa di-klaim oleh negara tetangga, karena Pencak Silat ini banyak terdapat di Malaysia, Thailand dan Filipina. Dan Indonesia saat ini belum mematenkan jenis kebudayaan ini, karena memang di Indonesia Pencak Silat masih kalah populer dibandingkan dengan Taekwondo dan Karate. Sungguh amat disayangkan.


Menurut guru besar Silambawiqri saya saat ini, dituturkannya kepada saya bahwa Pencak Silat itu berasal dari Minangkabau dengan nama aliran Pencak Silat Tuo. Jadi , Pencak Silat itu berasal dari negeri kita, Indonesia. Kita harus bangga karena Pencak Silat, karena ini adalah warisan asli Indonesia yang menyebar luas di Asia Tenggara.


Di Indonesia Pencak Silat berkembang menjadi banyak aliran dan perguruan. Salah satunya ialah Perguruan Silambawiqri. Perguruan ini cukup unik, karena perguruan ini tidak berkonsentrasi pada teknik beladiri saja, namun meliputi teknik penyembuhan, tenaga dalam, dan getaran.


Terlepas dari perkenalan singkat tentang Pencak Silat. Saya ingin mengajak teman teman ke inti permasalahan kenapa saya membuat tulisan seperti ini.


Di Indonesia banyak sekali budaya seni bela diri asing yang berkembang di tanah air. Sebagai contoh Taekwondo, Karate, Kung Fu, Wushu, Taichi, Kendo, Judo, dll. Banyak pilihan untuk kita dalam memilih seni bela diri. Namun kita sering kali lupa dengan Pencak Silat. Pencak Silat seringkali kalah populer di beberapa daerah oleh bela diri jenis lain. Padahal dibalik dari pencak silat banyak ilmu yang lebih bermanfaat dibanding jenis bela diri lain.


Seperti di kampus kita ini, Pencak Silat masih kalah peminatnya dengan bela diri impor. Apa mungkin Pencak Silat kurang menarik bagi Mahasiswa UIN? atau bela diri lain lebih keren karena keseharian kita yang seringkali disuguhi dengan tayangan tayangan TV aksi bela diri asing?


Saya sangat iri terhadap China selaku pemilik seni Bela Diri Kung Fu. Dimana rakyatnya sangat mencintai kebudayaan tersebut dan sangat dijunjung tinggi bahkan setiap film laga di China sering disisipi aksi Kung Fu. Berapa kali kita menemui Film bertema Kung Fu seperti Kung Fu Hustle, Fearless, Crouching Tiger Hidden Dragon. Bahkan hingga Film animasi yang berjudul Kung Fu Panda buatan Amerika. Akibatnya seluruh dunia itu tahu dan kagum terhadap seni bela diri Kung Fu dari China.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Back to top!